Harmony Clean Flat Responsive WordPress Blog Theme

Membayangkan Dunia Tanpa Gawai (30 Hari Menulis #20)

6/20/2016 09:19:00 AM Gita D. Astari 2 Comments Category : , ,


Untuk memenuhi tantangan kali ini, kayaknya kita harus meluruskan definisi gadget atau gawai yang akan kita pake di posting ini, ya. Gawai adalah alat elektronik portabel, artinya ukurannya kecil dan bisa dibawa ke mana-mana dengan mudah. Yang termasuk gawai berarti ponsel, tablet, laptop, dan mungkin benda lainnya yang nggak kepikiran sama saya sekarang. Teknologi lain kayak televisi dan komputer masih ada di dunia hipotetis ini, ya.

Dari sudut pandang siswa/ AnakMuda

Tadinya saya pikir bakal susah ngerjain tugas tanpa gadget, tapi toh masih ada komputer dan Internet, kan. Riset masih bisa berlangsung dengan relatif mudah, tanpa harus manual cari-cari informasi dari buku kayak jaman bapak dan ibumu dulu. Ya tapi ngerjainnya harus di rumah atau perpus sekolah/ kampus sih, nggak bisa di kafe kekinian.

Percuma juga sih ke kafe kekinian, soalnya nggak bisa check in di Path atau pamer kopi bergambar beruang ke Instagram! Hahaha mampus. Tanpa gawai, ya kita kalo nongkrong harus kembali ke alasan semula: untuk hang out sama temen-temen. Bener-bener ngobrol, spend time together, bukan buat selfie pake hashtag #bff.

Tapi sebenernya sayang juga sih kalo nggak ada gawai. Anak-anak jaman sekarang kan dapet informasi dari Internet toh, dan kalo harus rebutan komputer kayak saya dan adik-adik saya dulu (sampe sekarang...) jumlah dan jenis informasi yang mereka dapet nggak bisa seoptimal kalo mereka punya gawai, saya rasa.

Ya tapi balik lagi ke jenis informasi yang BAKAL mereka cari, sih. Kalo ujung-ujungnya gosip selebriti lagi mah ya...

Dari sudut pandang pekerja

Liburan jadi lebih bermakna! Karena nggak ada tung! tung! bunyi notifikasi email masuk dari klien/ bos untuk minta kerjaan cepet diberesin pas lagi santai di pantai. Atau di rumah, kecuali kamu termasuk tipe workaholic yang bahkan pas lagi main komputer di rumah pun buka email kantor, hahaha.

Susahnya kalo lagi dinas luar sih kayaknya, ya. Materi yang kamu kumpulin harus kamu catet satu-satu di legal pad atau buku tulis, terus kamu ketik ulang begitu sampe kantor. Mending kalo lengkap semua, kalo ada yang ilang-ilang? Serem juga sih.

Dari sudut pandang saya

Sehari nggak ada Twitter tuh nelangsa banget sih! Tapi sebenernya saya mah bisa survive, asal masih ada novel-novel yang nemenin saya. Cole St. Clair, Darren Shan, Miles Halter! Main bareng yuk! Main sama hati aku maksudnya, dasar kalian karakter-karakter yang diciptakan sama para pengarang yang jago bikin orang nangis tengah malem.

Jadi intinya gimana, Git? Hidup tanpa gawai itu sah-sah aja, sih. Angkatan atas kita aja bisa survive tuh ngelewatin masa remaja tanpa HP. Ya tapi konsekuensinya proses nyari dan ngolah informasi jadi lebih lambat - jauh lebih lambat. Hidup di digital age itu bagus kok, keren! Hidup gadgets!

RELATED POSTS

2 orang nyasar

Bagaimana menurutmu?