Harmony Clean Flat Responsive WordPress Blog Theme

Cumm Laude

6/08/2011 10:34:00 AM gitadine 1 Comments Category : , ,

06/06/11 21:26

Nggak tau kenapa tiba-tiba sekarang dne lagi mikirin soal bisa nggak ya dne ngasih cumm laude buat Ayah sama Bunda?

Waktu dne dapet result slip term pertama di kampus, dne kaget dan seneng dapet GPA (atau disebut IP di Indonesia) 3.5. Itu nggak nyangka banget, soalnya dne kira dne bakal fail subject Philosophy. Dne jadi mikir, jangan-jangan kalo dne mimpi lulus dengan cumm laude nggak muluk-muluk banget, lagi. Term berikutnya GPA dne 4.00, yang bikin CGPA (atau IPK) dne jadi 3.75. Dne luar biasa bahagia. Makin yakin kalo dne bisa lulus cumm laude.

Tapi ternyata, term-term dan semester-semester berikutnya, kok makin jarang dne dapet A. Subject Introduction to Computer Applications yang super-gampang-macam-apa-dong aja dne dapet B. Makin jauhlah dne dari cumm laude di bayangan dne. Udah gitu, di Winter Semester 2010 dne dapet C buat Environmental Science. C! Wah, udah down banget rasanya.

Bulan kemaren, dne dateng ke acara wisuda Bunda di UNPAD. Acaranya kereeen banget! Ada acara nyanyiin Indonesia Raya segala, yang sempet bikin dne sedih mengingat hari kelulusan dne nanti yang dinyanyiin mungkin Negaraku atau Star-Spanned Banner. Tapi ya udahlah ya, toh keputusan dne kan dne malah kabur ke Malaysia gara-gara takut OSPEK (hahaha). Anyway, di sana banyak banget yang lulus dengan kehormatan. Duduk di bangku hadirin bareng Ayah (yang malah mainin iPad) bikin dne ngerasa malu kalo dne terus-terusan turun gini nilainya. Dne ngerasa seenggaknya dne harus bisa mempersembahkan cumm laude, meskipun bukan summa atau magna, untuk Ayah sama Bunda dan keluarga dne yang udah ngorbanin banyak banget hal buat dne.

Minggu kemaren, dne dapet result slip dari Spring Semester. Tadinya dne yakin dne bakal dapet bagus, tapi ternyata dne cuma dapet dua A dari empat subjects. Makin bengong dong dne. Ini gimana caranya dne bisa ngasih cumm laude kalo A makin jarang didapet?

Terus dne nepuk jidat sendiri. Tentu saja dne tau gimana caranya: belajar lebih giat dan sungguh-sungguh! Jangan kebanyakan nonton anime, TV show, atau music video yang ngabisin lebih banyak waktu daripada yang dne pake untuk baca. Oh, juga Internetan. Adalah hal yang bagus bahwa di kamar dne jarang banget dapet Internet, kayaknya. Uh kalo dne udah nyambung ke Internet, itu kayak dne nggak ngerti gimana cara nge-disconnect-innya. Plurk, Facebook, Twitter, Tumblr, Hotmail, terus aja diulang-ulang padahal nggak ada update yang bener-bener berarti. Parah.

Makanya dari sekarang dne mau ngingetin diri sendiri terus menerus, ah. Dne ke sini buat belajar lho bukan buat pamer bisa kuliah di luar negeri. Ayah sama Bunda ini maksain diri sendiri banget ngebiayain dne kuliah jauh-jauh di negeri yang segalanya serba mahal. Beneran mau dibales dengan males-malesan? Nggak mungkin, kan. Makanya ayo dne, belajar! Dan jangan cuma bisa ngomong aja ah. Kebiasaan banget dne cuma nulis apa yang dne pikir harus dne lakukan tanpa bener-bener merealisasikannya. Sok araraneh wae da si Adine mah.

Jadi, semangat! Pake mental ganbaru dong kalo ngaku suka budaya Jepang. Saa, ganbarinasai! :)

RELATED POSTS

1 orang nyasar

  1. ganbatte nee chaaaaaaaaaaaaann!!! >w<
    pasti bisa cumm laude <3

    ReplyDelete

Bagaimana menurutmu?