Harmony Clean Flat Responsive WordPress Blog Theme

[Book Review] De Journal, Dan Lain-Lain

6/12/2011 01:27:00 PM Gita Diani Astari 0 Comments Category : , , , , ,


Dne baru aja nyelesein De Journal-nya Naneng Setiasih terbitan Navila. Kenapa dne nyeleseinnya lama banget?

Sebenernya ini novel (yang seperti judulnya, lebih tepat disebut jurnal, sih) bagus banget isinya. Si pengarang bercerita tentang pengalaman dia backpacking ke banyak tempat di Indonesia—mulai dari Kupang, Bali, Bukit Tinggi, Nias, sampe akhirnya cerita berakhir di awal perjalanan dia menuju Malaysia. Di sela-sela pelukisan pemandangan alam Indonesia yang bikin takjub dengan kata-kata, ada juga pembahasan tentang hal-hal dari sudut pandang si pengarang. Cara berpikirnya yang lebih terbuka dari kebanyakan masyarakat Indonesia mungkin adalah hasil dari bergaul dengan bule-bule yang juga backpacking ke tempat-tempat yang dia tuju. Buat yang suka romance, jangan khawatir, di buku ini banyak banget si pengarang cerita soal kisah cinta sedetik dia sama bule-bule ganteng yang terpana sama body eksotis si pengarang yang menurutnya salah pasar.

Well, kalo bukunya sebagus itu, kenapa dne bisa sampe males untuk ngelanjutin baca?

Karena tanda bacanya nggak banget! Berantakan, ada di mana-mana. Semrawut. Belum lagi pilihan kata-kata yang nggak sesuai sama selera dne. Kalo dari awal dne baca dne pegang pulpen merah, mungkin sekarang buku dne ini udah penuh sama coret-coretan dne dalam rangka ngebenerin itu semua supaya lebih enak dibaca. Nggak tahu dne yang OCD apa gimana deh, yang jelas baca buku ini bener-bener bikin dne bertekad bahwa dne harus jadi editor suatu saat nanti.

Dan juga nyempetin waktu untuk backpacking. Karena, mau dikata apa juga soal tanda bacanya, emang petualangan cewek ini luar biasa keren, bikin ngiri! Well, kecuali bagian-bagian waktu dia nyobain ngisep dan main di klub, karena bukan dne banget. Maunya dne sih nggak nge-judge orang dan membiarkan orang-orang melakukan apa saja yang mereka suka asal mereka tahu konsekuensinya dan nggak membahayakan orang, tapi tetep aja di sudut belakang otak dne, dne tahu dne nggak menghargai orang-orang yang ngerokok atau ngisep. Ngancurin badan diri sendiri aja.

Anyway, karena dne udah berhasil namatin satu lagi buku, makin deketlah dne ke target dne untuk baca 50 buku dalam satu tahun! Buat yang berminat men-challenge diri sendiri untuk baca buku juga, mampir aja ke Goodreads, bikin account, dan nyatain berapa buku yang mau dibaca selama 2011. Kenapa nggak? Bikin account-nya gratis, website-nya seru buat milih-milih buku apa yang selanjutnya mau dibaca dari review orang-orang, juga challenge-nya bikin semangat untuk bener-bener mencapai target.

Ketemu di Goodreads, ya! :)

RELATED POSTS

0 orang nyasar

Yah mumpung nyasar, mengeksiskan diri dulu aja deh di sini. :) Nyasar lagi yaa~