Harmony Clean Flat Responsive WordPress Blog Theme

Tentang Volunteering

3/24/2014 09:28:00 AM gitadine 0 Comments Category : , , , , , , ,

As of today, saya bisa bilang saya volunteer SAFE+ dan intern di Sahabat Kota, dua komunitas Bandung yang berhubungan dengan anak-anak. Sementara misi SAFE+ adalah ngasih pelajaran tambahan untuk anak-anak dengan gratis, misi Sahabat Kota adalah mengenalkan Bandung dan sekitarnya biar anak-anak makin cinta dan mesra sama Bandung. Keren kan?

Yang suka protes kalo saya volunteering itu adik saya, Nanet. Dia bilang, "Kakak ngapain sih kerjaannya yang nggak ngehasilin duit terus?" Lah... Sini saya jabarin kenapa saya suka volunteering, terutama sama dua komunitas awesome ini:



Memuaskan passion
Memang saya suka, suka, suuukaaa banget kegiatan-kegiatan seperti ini. Main sama adik-adik yang lucu dan pinter kan nyenengin banget. Toh yang ngerasain manfaatnya bukan cuma saya aja, tapi juga adik-adik secara khusus dan masyarakat secara umum. Nggak salah, kan?

Memperluas jaringan
Yang ikutan volunteering itu banyak banget jenis orangnya. Kebanyakan volunteer SAFE+ masih mahasiswa tingkat 2~3, sementara intern dan management Sahabat Kota seangkatanlah sama saya. Kebetulan kemarin ngikut kegiatannya Kopea Hasanah, dan banyak banget anggotanya dari yang masih kuliah sampe yang udah lulus dan kerja. Makin kenal banyak orang, makin banyak temen. Lho, ruginya di mana? Malah sejak ikutan SAFE+, HP saya yang dulunya garing merontang sekarang rame banget bunyi-bunyi terus karena pada ngerumpi di grup LINE, hahaha.



Banyak belajar
Just because saya ngajarin adik-adik bahasa Inggris, misalnya, nggak berarti cuma adik-adik itu yang belajar. Saya dan temen-temen volunteer juga belajar banyak dari adik-adik ini. Ke-innocent-an mereka itu kadang-kadang bikin kita inget lagi sesuatu yang udah lama kita lupa.

Nggak cuma dari adik-adik aja, saya juga banyak belajar dari temen-temen. Karena kita beda angkatan, kadang-kadang pemikiran kita terhadap sesuatu itu beda, lho. And I love friendly discussions! Selain itu, saya juga bisa belajar soal management sebuah organisasi, siapa tahu di waktu depan saya mau bikin komunitas sendiri, atau malah perusahaan sendiri (eh, aamiin!).

Fleksibel
Saya committed dengan dua komunitas ini, itu betul. Tapi karena kegiatan ini sifatnya volunteer, saya nggak wajib dateng setiap kegiatan. Karena itu saya masih bisa me-manage waktu pribadi dengan proyek-proyek saya sendiri. Nggak ada beban yang terlalu besar, kok.


Seru!
Ya, sebenernya alesan utama saya sih ya karena kegiatan-kegiatan kayak gini tuh seru banget hahaha. I have a lot of fun! Itu tujuan hidup saya sih: to enjoy life. Huahaha. Azek.

Ya gitu deh. Kalo ada yang mau gabung sama SAFE+ boleh banget ke Twitter @SAFEducation dan isi form di sana, atau tanya-tanya ke saya dulu juga boleh. Yang mau informasi lebih banyak tentang Sahabat Kota silakan main ke blognya, ya. Yang punya informasi volunteering yang seru lagi di Bandung atau luar Bandung, boleh kasih tau saya juga. Hahaha. Happy volunteering!

RELATED POSTS

0 orang nyasar

Bagaimana menurutmu?