Harmony Clean Flat Responsive WordPress Blog Theme

Melek Finansial

3/15/2014 11:01:00 PM Gita D. Astari 1 Comments Category : , , ,

Saya lulus kuliah bulan Desember kan, dan sampe sekarang masih agak nyantai belum punya pekerjaan tetap karena masih mau fokus sama proyek-proyek pribadi... Ceritanya... Nah, tapi, berkat baca blog temen semalem, saya jadi mulai melek soal kesehatan finansial dan mulai deg-degan soal saya yang sekarang belum punya penghasilan tetap.

Dimulainya dari nggak bisa tidur semalem, akhirnya ngepoin blog AST & JG di sarsast.blogspot.com. Tertarik sama tag "Tentang Uang", saya klik deh. Nah, di situ AST cerita soal dia dan JG yang ketemu sama financial planner, dan gimana keuangan mereka akhirnya dijelasin sama yang jagonya. Di tulisannya, AST berbagi:

(Ini serius saya tulis manual juga di notebook karena rasanya penting banget hahaha)
Hal-hal yang harus jadi prioritas:
  1. Dana Darurat (DD)
    Dari namanya juga udah taulah ya dana ini adalah simpenan untuk jaga-jaga siapa tau ada hal-hal penting yang mendadak kayak masuk rumah sakitlah, apalah. Besarnya tergantung: misalnya untuk yang lajang sebaiknya jumlahnya 4x biaya hidup bulanan, yang menikah 6x, dst.
  2. Dana Pensiun
    Ini tabungan buat biaya hidup ketika di usia 55-an pensiun sampai meninggal dunia. Nah yang ini sebenernya cara ngitungnya masih nggak ngerti sih, tapi kayaknya penting banget ya. Ya kalo ga punya dana pensiun, nanti selesai kerja mau hidup dari mana?
  3. Dana Pendidikan
    Karena di rencana hidup saya ada yang namanya "punya anak", maka pentinglah buat saya untuk mikirin pendidikan anak saya tersebut, kan. Ya masa aja pengen punya anak cuma karena lucu dibawa main pas masih bayi, terus ditelantarin gitu aja pas udah mulai ngerengek minta mainan. Nah, yang penting adalah pokoknya anak saya ini biaya pendidikan dari mulai TK sampai seenggaknya sarjana udah aman dan jangan diganggu gugat, deh.
  4. Proteksi
    Ini soal asuransi: asuransi rumah, mobil, dsb. Inget bahwa asuransi itu proteksi, bukan investasi. Tujuan asuransi itu supaya amanlah, bukan untuk cari keuntungan.
Ya pokoknya kira-kira gitu deh ya, biar lebih jelas baca langsung ke TKP di blognya JG & AST aja atuh.

Setelah baca blog mereka, saya yang panik (hahaha) mulai nge-Google seputar finansial sejak usia muda. Banyak banget artikel yang menekankan pentingnya melek finansial!

Misalnya, artikel yang ngajarin untuk ngebagi pengeluaran jadi empat (dari Femina):
  1. Pengeluaran rutin (20%-40%)
    Ini kayak buat belanja bulanan, bayar listrik, dll. gitu ya kayaknya.
  2. Pengeluaran pribadi (max 10%)
    Kalo yang ini untuk seneng-seneng kayak nonton, belanja baju, dll. gitu sepertinya ya.
  3. Cicilan bulanan (max 30%)
    Ini buat yang nyicil rumah, mobil, dll. gitu kali ya.
  4. Investasi bulanan (10%-30%)
    Nah untuk investasi ini saya baru baca soal reksa dana sih, yang memang dibahas di blognya JG & AST juga hahaha.
Ada juga artikel yang bilang sebaiknya punya 3 rekening instead of just one, biar pengeluaran jelas keliatan dan lebih gampang aja ngaturnya (dari Femina juga).
  1. Rekening Penghasilan
    Seperti namanya, rekening ini cuma dipake buat nerima penghasilan. Dari rekening ini, uang ditarik dan dipindahin ke rekening operasional sama rekening tabungan.
  2. Rekening Operasional
    Rekening yang ini dipake untuk bayar pengeluaran. Misalnya bayar utang (maksudnya cicilan kali ya), belanja bulanan, makan, bayar tagihan listrik, telepon dan air, dll. Pokoknya pengeluaran yang sifatnya rutin per bulan kali, ya.
  3. Rekening Tabungan
    Nah yang ini strictly emergency, jadi selama nggak perlu-perlu banget, nggak usah disentuh lah ya. Tinggal ditambahin aja terus tiap bulan dari rekening penghasilan. Kan sedikit-sedikit lama-lama menjadi bukit, katanya. (Penting Git ngomong klise gitu? Penting?)
Yah gitu deh. Sebenernya banyak lagi artikel yang bagus, silakan Googling sendiri ya, haha. Jangan lupa cari tau juga soal investasi, karena cuma tabungan aja tuh ga akan cukup katanya. Ngomong-ngomong posting kali ini banyak "katanya-katanya" soalnya saya emang bener-bener buta finansial, ini juga baru belajar, hahaha. Semoga bermanfaat, ya!

PS: Buat temen-temen yang mau nikah apalagi, ini penting pisan kata saya mah. Jangan cuek-cuek banget soal keuangan, ya. Memang money isn't everything, tapi jaman sekarang kalo nggak ada uang tuh susah banget nggak sih?

PPS: Makanya cari kerja, Git. (Iyaaa mau kok mauuu)

RELATED POSTS

1 orang nyasar

  1. semangaaaatt belajar finansialnya. harus udah hatam sebelum nikah biar ga pusing.. hahahah

    -ast-

    ReplyDelete

Yah mumpung nyasar, mengeksiskan diri dulu aja deh di sini. :) Nyasar lagi yaa~