Harmony Clean Flat Responsive WordPress Blog Theme

Mengajar dan Bermain Bareng SAFE+

3/03/2014 01:47:00 AM Gita Diani Astari 0 Comments Category : , , , , , ,

Saya udah pernah bilang kan bahwa banyak komunitas anak muda Bandung yang kreatif dan peduli? Selain Sahabat Kota, saya mau nyeritain soal SAFE+.

SAFE+, yang kepanjangannya adalah Social Action For Education, Environment and Empowerment of Youth, merupakan sebuah komunitas anak muda yang bertempat di Masjid Al-Fajar deket lapangan udara Husein Sastranegara. Dimulai sekitar tahun lalu, SAFE+ memiliki komitmen untuk memberi edukasi tambahan bagi anak-anak di sekitar masjid mengenai banyak hal, terutama lingkungan hidup yang menjadi tema primer setiap minggunya.

Beberapa adik ketika sedang istirahat.

Kegiatan yang diselenggarakan setiap hari Minggu dibagi menjadi beberapa bagian: pukul 9-10 diadakan pengajaran umum dengan tema lingkungan hidup untuk adik-adik dari semua kalangan. Mulai pukul 10, adik-adik digolongkan menjadi beberapa kelas sesuai usia, kemudian mendapatkan pengajaran yang lebih spesifik dari kakak-kakak pengajar. Setelah istirahat selama sekitar setengah jam, semua yang Muslim berkumpul kembali di masjid untuk melaksanakan shalat Dzuhur berjamaah.

Adik-adik sedang menunggu kegiatan dimulai di kelas.


Memang sih aktivitasnya nggak lama, tapi mudah-mudahan berarti untuk adik-adik dan kakak-kakak volunteers. Saya bangga banget lho sama adik-adik yang memilih untuk belajar bersama dibanding duduk diem nonton TV atau main pagi-pagi, juga sama kakak-kakak yang masih bersedia ngeluangin waktu di Minggu pagi untuk ngajarin adik-adik ini. Salut banget untuk Diki, Faisal, Iqbal dan Angga yang berhasil bikin kegiatan seperti ini nyata dan bergerak.

Kakak-kakak dan adik-adik setelah kegiatan selesai, 2 Maret 2014.

Menarik, kan? Kalo mau tau informasi yang lebih lengkap, silakan buka aja Twitter @SAFEducation atau Facebook SAFEducation. SAFE+ juga menerima donasi berbentuk uang; alat sekolah seperti pensil, pulpen, buku tulis, alat mewarnai, dll.; publikasi; dan waktu dan tenaga, alias jadi volunteer seperti saya (hehehe).

Cara untuk jadi volunteer mengajar sebenernya gampang banget! Di bio Twitter ada link menuju formulir pendaftaran, tempat untuk ngisi data diri. Setelah itu, tinggal tunggu dihubungi dari pihak SAFE+, deh. Kebetulan waktu tweet SAFE+ di-Retweet oleh walikota Bandung, katanya banyak banget orang yang daftar jadi volunteer SAFE+. Seratus orang lebih! Makanya, kalo belum dipanggil, silakan sabar dulu aja, ya. Pasti dipanggil, kok.

Beberapa perintis SAFE+ bersama volunteers batch I, 2 Februari 2014.
Serunya jadi volunteer tuh selain kita bisa berinteraksi sama adik-adik yang penuh antusias dan kreatif, kita juga bisa dapet banyak temen yang sama-sama peduli dan asik. Asiknya gimana? Asiknya, meskipun baru sekali ketemu, kita malah bisa langsung ngobrol dan bercanda kayak kita temenan udah lama. Asli, setelah masuk SAFE+, ponsel saya jadi sering banget bunyi gara-gara lagi pada ngobrol di LINE, hahahaha.

Eh, postnya kepanjangan ga ya ini? Sebenernya masih banyak lagi hal menarik soal SAFE+, jadi kalo mau tau lebih lanjut, silakan mention di Twitter atau tulis pesan di wall Facebook SAFE+ aja, ya. Kalo mau liat foto-foto lain yang saya ambil, silakan mampir ke link ini. Ditunggu lho, antusiasmenya! :D

RELATED POSTS

0 orang nyasar

Yah mumpung nyasar, mengeksiskan diri dulu aja deh di sini. :) Nyasar lagi yaa~