Harmony Clean Flat Responsive WordPress Blog Theme

Kidsventure #2 Sahabat Kota!

2/23/2014 11:38:00 PM Gita D. Astari 0 Comments Category : , , , , , , ,

Sumpah ya di Bandung banyak banget komunitas anak muda yang kreatif dan peduli. Contohnya ya Sahabat Kota ini. Beberapa minggu yang lalu, saya sama temen SMA saya memutuskan untuk ikutan internship di sini. Kemudian tanggal 22 kemaren, kita akhirnya ikutan program bulanan mereka, Kidsventure Club #2 di tahun 2014 ini!

Kebetulan tema Kidsventure #2 adalah menelusuri Jalan Pecinan Lama. Saya yang memang nggak pernah jalan-jalan ini belom pernah lewat sana, lho. Jalan ABC ada di mana aja nggak tahu, hahahahaha. Jadi seneng banget deh, ada kesempatan ikutan kegiatan menarik sekaligus mengenal kota kelahiran sendiri lebih baik. Sip.

Hari diawali dengan berangkat menuju Masjid Raya Bandung yang ternyata halamannya dipenuhi sampah, meskipun sebenernya banyak banget tempat sampah yang sudah disediakan. Hiks! Patah hati! Kayaknya Pak Wali Kota Bandung juga setuju sama saya, terus dia favorit tweet saya deh. #Nyombong #Penting #Wajib #DamnBabyBeCool


That aside, akhirnya setelah adik-adik peserta nyampe, kita bisa memulai aktivitas, deh. Meskipun mulai turun gerimis, adik-adik tetep semangat bikin yel-yel. Kelompok yang saya observe kebetulan memilih nama "我不知道" yang berarti "saya nggak tahu" dalam bahasa Mandarin sebagai nama kelompok mereka dong, hahahaha. Jadi inget pas di Malaysia deh, cuma kalimat itu doang yang saya ngerti di bahasa Mandarin. :P Anyway, dari sana kita berangkat dari Masjid Raya Bandung menuju Kopi Aroma! 출발!

Sampai di Kopi Aroma, Pak Widya sang pengusaha yang baik banget itu ngasih tur seputar pabriknya dan bagaimana kopi mereka dibuat. Ternyata, biji kopi yang asalnya dari berbagai daerah di Indonesia itu harus disimpan dulu selama delapan tahun baru bisa mereka proses dong! Kopi yang diproses secara alami ini jauh lebih baik daripada kopi sachet yang diproduksi massal karena nggak bikin kembung, dan actually punya manfaat baik untuk tubuh secara nyata. Serunya, di dinding pabrik digantung sepeda-sepeda tua yang katanya adalah sebagai reminder bahwa usaha yang dimulai dari 1930 ini harus selalu terjaga kualitas produk dan kejujurannya. Mantaps!

Dari sana kita berangkat menuju toko jamu Babah Kuya. Di sini ada banyak banget semacem dedaunan yang punya berbagai nama, bentuk, dan kayaknya fungsi. Saya nggak sempet dengerin penjelasan dari ownernya sih, tapi menariknya di dinding toko itu ada empat kura-kura yang diawetkan. Ternyata udah 4 generasi keluarga mereka memelihara kura-kura, makanya tokonya namanya "Babah Kuya" deh, hahaha. Unik, unik.

Abis itu kita jalan kaki lagi ke Taman Babatan. Karena adik-adik capek, jadi kita ada waktu untuk istirahat makan snack dulu, deh. Setelah waktu istirahat selesai, kita ngelanjutin kegiatan yang adalah: bikin barongsai mini (yang ternyata dikoreksi oleh salah satu adik bernama Nira, "Bukan barongsai atuh naga mah, tapi liong!")! Adik-adik ini ternyata kreatif banget, dong. Naga-naga yang dibikin lucu-lucu, dan masing-masing punya cerita background sendiri gitu hahaha. Nah, setelah dibuat, liong mini ini dijadiin karakter drama kecil yang mereka persembahkan. Seru banget atulah nontonnya, kocak pisan ceritanya. Pokoknya satu drama melibatkan "bom kaos kaki", dan drama lainnya punya line "liong ini hanya punya 1 mata karena biaya operasinya kurang 25%".

Dengan berakhirnya itu, acara selesai. Para kakak kembali jalan bareng menuju Masjid Raya karena kendaraan diparkir di situ, sekalian mau shalat Dzuhur juga. Eh, ternyata kita ditemenin sama ujan yang deras banget! Karena masalah waktu, akhirnya kita semua memutuskan untuk menerjang hujan yang makin lama makin lebat. Alhasil kita nyampe Masjid Raya dalam keadaan 100% basah kuyup! Hahahaha.

Meskipun akhirnya kayak gitu, saya puas banget deh dengan kegiatan Kidsventure #2 kemaren. Adik-adiknya lucu-lucu, kreatif, kritis, dan mengejutkan banget! Kakak-kakaknya juga friendly, fun, dan seru. Pengen buru-buru Kidsventure #3 bulan depan dooong!

PS: Pas lagi nemenin salah satu adik jajan di warung, saya sempet dikira ibunya adik itu dong... Padahal dia udah kelas 3 SD dan badannya gede banget... Saya keliatan kayak udah punya anak segede gitu ya emangnya? Lulus kuliah aja baru Desember lalu... ;____;

RELATED POSTS

0 orang nyasar

Yah mumpung nyasar, mengeksiskan diri dulu aja deh di sini. :) Nyasar lagi yaa~