Harmony Clean Flat Responsive WordPress Blog Theme

Kreatifitas Nggak Harus Ditunggu

7/02/2011 04:27:00 PM Gita D. Astari 2 Comments Category : , , , ,

Dne baru namatin Creativity Now! karangan Jurgen Wolff, dan dne jatuh cinta banget sama buku itu. Jarang kan dne bilang dne jatuh cinta sama buku nonfiksi? Ehe ehe ehe. Udah gitu bahasanya yang asik banget bikin dne kayak nggak lagi baca buku nonfiksi, malah kayak dne lagi ngobrol sama om-om yang cerdas nulis ini.

Dalam buku ini, Bapak Wolff ngasih kita tips dan triks supaya kreativitas kita dateng kapanpun kita mau. Klasik banget nggak sih denger temen-temen kita, atau malah diri kita sendiri, ngomong/ngetweet/ngeplurk/nulis status di Facebook: “Lagi nggak ada ide nih...” atau sejenisnya? Well, kata Oom Jurgen, nggak usah bingung!

Ada beberapa tips yang dne suka banget dari buku ini.

· Di tempat kerja (bisa jadi meja belajar atau kubikel kantor), bikin mading dengan foto-foto orang-orang yang jadi inspirasi kita. Kalo dne, karena dne lagi pengen ngedalemin nulis, dne bakal naro foto Meg Cabot sama Maggie Stiefvater, misalnya. Hiasin juga dengan quotes mereka yang motivational. Boleh juga kita nulis sendiri, “Gita Diani Astari pasti bisa!”

· Kalo misalnya kita lagi ngerjain suatu proyek (bisa apa aja, misalnya PR Seni Rupa, tugas kampus, atau kerjaan kantor) dan pengen nyelesein, kita bisa pake MAD (Massive Action Day). Kosongin waktu satu hari di mana kita memantapkan niat untuk bener-bener ngerjain. Di satu hari ini, kita matiin telfon kita, blok situs-situs yang distracting (terutama empat social networking sites yang berjudul, Twitter, Facebook, Plurk dan Tumblr buat dne) dari Firefox/Chrome, dan mulai bekerja selama 45 menit nonstop. Setelah 45 menit, kita boleh istirahat 5 menit untuk shalat, minum air, jalan-jalan sebentar, refresh otak deh. Terusin lagi ngerjain proyek selama 45 menit. Istirahat lagi. Gitu terus sampe-sampe nggak kerasa udah berapa jam aja kita ngerjain proyek. Kita bakal kecapean di ujung hari, tapi pastinya proyek yang udah/hampir selesai hasil kita memutuskan hubungan sama distraction itu bisa bikin kita puas, dong. :)

· Kalo kita bener-bener nggak punya waktu untuk MAD, kita bisa pake metode timepod. Timepod ini intinya sama kayak MAD, 45 menit ngerjain proyek, 5 menit istirahat, terus gitu lagi. Bedanya sama MAD, timepod nggak usah ngabisin waktu seharian. Misalnya kalo kita ada kuliah jam 3, kita bisa punya sekitar tiga sesi timepod dari jam 10 pagi untuk ngerjain sesuatu (TA, mungkin). Produktif, kan?

· Oke, kadang kita emang bener-bener stuck banget nggak ada ide apa-apa. Tenang! Coba kita inget-inget lagi kapan ya kita ngerasa paling kreatif. Bayangin diri kita di saat kita lagi paling kreatif tersebut, rasain lagi, hidupi lagi situasi waktu itu. Sambil ngebayangin, coba bikin suatu gesture, misalnya ngepalin dua tangan kita kuat-kuat. Makin sering kita latihan kayak gitu, makin ngerti otak kita bahwa kita lagi menciptakan sebuah hubungan antara gesture yang kita lakukan (ngepalin dua tangan kuat-kuat) sama sensasi kreativitas yang pernah kita rasakan. Lama-lama kalo kita melakukan gesture itu, kita bakal “men-summon” diri kita yang kreatif dan halo, ide-ide baru!

Masih banyak lagi sebenernya tips dan triks yang keren abis dari Pak Wolff, jadi baca aja sendiri ya bukunya! Tenang aja, nggak bikin bosen kok, soalnya tiap subjudul cuma terdiri dari dua atau tiga halaman kecil dan halamannya itu warna-warni, banyak gambarnya yang bikin ceria dan berkesan kreatif, tanpa keliatan childish. Oke punya deh. :D

RELATED POSTS

2 orang nyasar

  1. nice post, thanks for share. btw, kenapa post2 kemu nge link ke blog aku ya? sebenernya sih gak apa2, tapi bukannya lebih enak izin dulu? salam kenal :)

    ReplyDelete
  2. Yeah, I don't think you even read the post. :) Thanks for pretending anyway.

    Soal link, sorry for being rude! Kirain blogger pada suka kalo link blognya dipajang, tapi ternyata nggak semua kayak gitu yaa. Oke, aku hapus dari daftarnya ya. ;)

    ReplyDelete

Yah mumpung nyasar, mengeksiskan diri dulu aja deh di sini. :) Nyasar lagi yaa~