Harmony Clean Flat Responsive WordPress Blog Theme

Ketika Gita Nonton Switched at Birth dan Tertarik Sama Bahasa Isyarat

12/14/2012 10:08:00 PM Gita D. Astari 5 Comments Category : , , , , , , , , ,

Beberapa hari terakhir ini saya kena racun 'Switched at Birth' dari Nisha. Switched at Birth, meskipun judulnya semacem judul sinetron Indonesia banget, adalah TV series (which can also be called sinetron I guess? LOL) dari Amerika tentang dua orang keluarga yang putrinya ketuker waktu di RS. Aha, sounds familiar? Yang bikin lebih menarik adalah: satu dari kedua anak perempuan ini, Daphne Vasquez, adalah seorang tuna rungu (tapi kayaknya partially deh).

Poster taken from https://netflix.hs.llnwd.net/
Di series ini, kita bakal dikenalin sama dunianya orang-orang tuna rungu Amerika, termasuk bagaimana mereka berkomunikasi: American Sign Language (ASL), bahasa isyarat. Saya kagum banget ngeliat gimana cepetnya tangan orang-orang di series ini gerak. Wew, bukan cuma hearing people aja ya yang bisa ngomong cepet, hahahah.

Daaan karena emang naturally saya seneng belajar bahasa apa gimana, sekarang saya lagi nontonin aja video-video YouTube yang ngajarin bahasa isyarat. Channel favorit saya so far adalah SignLanguage101, tapi sayangnya saya nggak tau apakah yang diajarin di sini ASL atau SEE (Signing Exact English) yang ternyata beda lagi.

Saya jadi mikir tentang komunitas tuna rungu di Indonesia, bahasa isyarat apa yang mereka pake ya? Dari ketunarunguan.blogspot.com sih kayaknya ada SIBI (Sistem Isyarat Bahasa Indonesia) yang mana kayaknya kaum tuna rungu agak susah menerima karena ada perbedaan dengan "bahasa orisinil" mereka, jadi sekarang ada BISINDO (Bahasa Isyarat Indonesia). Yay!

RELATED POSTS

5 orang nyasar

  1. Switched at Birth emang racun. Ceritanya simpel sih tapi emang bener bahasa isyaratnya yg bikin penasaran :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bangeeet! Aktris dan aktornya good looking semua lagi hahaha. Big bonus point!

      Delete
  2. saya bru habiskan film ini juga. saya melihat potret keluarga Amerika dengan anak remaja mereka. :). trima kasih sudah berkunjung ke teras imaji ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya malah belom selesai nonton season 1 hahaha... Iya makasih juga udah main ke sini yaa :D

      Delete
  3. sama banget neee!!! langsung searching bahasa isyarat habis nonton iniii hahaha =))

    ReplyDelete

Yah mumpung nyasar, mengeksiskan diri dulu aja deh di sini. :) Nyasar lagi yaa~