Harmony Clean Flat Responsive WordPress Blog Theme

Tentang peraturan tempat sampah di mobil-mobil Bandung

12/19/2014 05:08:00 PM Gita D. Astari 3 Comments Category : , , , , , , ,

Beberapa waktu lalu saya sama temen-temen mau makan di daerah Dago Atas, ketika kita berhenti di lampu merah perempatan Dago dan nemu seorang bapak-bapak jualan tong sampah. Pinter banget nih ngambil kesempatannya si Bapak, memperhitungkan peraturan baru di Bandung yang mengharuskan tiap mobil ada tempat sampahnya, dan tingkat kesibukan para urang Bandung yang nggak sempet beli sendiri (atau males, hahaha). Berhubung waktu itu temen saya belum punya tempat sampah di mobil, akhirnya dia beli. Jatohnya jadi agak lebih mahal daripada kalo beli sendiri (menurut temen kita satu lagi sih, soalnya saya mah nggak ngerti harga tong sampah, hahaha), tapi dipikir-pikir sebagai upah jasa si Bapak yang bikin gampang belinya, ya.
Awalnya sih saya termasuk yang kurang setuju sama kewajiban naro tempat sampah di mobil. Abis mobil adik saya kecil banget, kalo ditambah tempat sampah segala bakal tambah sempit, dong. Lagian kita kan orang-orang berpendidikan yang nggak punya kebiasaan buang sampah sembarangan. Tapi terus saya liat temen saya yang tadinya mau buang rokok ke jalan ga jadi dan malah buang puntung rokoknya ke tempat sampah yang baru dibeli, dan saya baru sadar bahwa keterpaksaan ini bakal bikin habit baru. Ngapain harus buang sampah sembarangan di jalan kayak orang ga tau aturan kalo di mobil sendiri udah ada tempat sampah, kan?

Seneng juga beberapa hari ini keluar naik angkot dan lebih sering nemu angkot yang udah ada tempat sampahnya ketimbang yang belom. Bye bye bekas minum yang masih ada isinya di kolong bangku! Bye bye tisu-tisu yang suka berserakan di lantai angkot! Bye bye ketidaknyamanan overall yang suka jadi keluhan ketika naik angkot! Semoga dengan adanya tempat sampah di kendaraan umum gini, urang Bandung makin sadar lingkungan dan mengembangkan kebiasaan baru untuk nggak buang sampah sembarangan, ya.

Sebenernya sedih ga sih, "buang sampah di tempatnya" itu masih bisa disebut kebiasaan baru? I mean, sebagai urang Bandung yang cerdas, harusnya kita udah tau sendiri ga sih bahwa buang sampah sembarangan itu cuma perilaku orang-orang yang ga peduli? Makin sedih ketika orang tua yang bawa anak kecil tetep buang sampah sembarangan, kan ngasih contoh nggak bener ke anaknya, ya. Tapi semoga dengan adanya peraturan ini, ketidakpedulian kita semakin berkurang, ya. Dengan berkurangnya sampah yang berserakan di jalan, semoga Bandung bisa makin bersih dan sehat. Aamiin!

RELATED POSTS

3 orang nyasar

Bagaimana menurutmu?