Harmony Clean Flat Responsive WordPress Blog Theme

Pendamping Tugas Akhir

5/22/2014 02:35:00 PM Gita D. Astari 0 Comments Category : , , , , , ,

Kamu lagi/bakal ngadepin sebuah proses dalam hidup berjudul Tugas Akhir sebelum berhasil lulus dan meraih gelar yang udah kamu kejar selama beberapa tahun terakhir? Saya ngerti banget rasanya, secara saya harus nulis DUA skripsi sebelum jadi B.Sc hahaha. Ini beberapa aplikasi yang jadi sahabat saya banget ketika menjalani masa-masa itu:

Evernote

Evernote
Best note-taking app ever. Dapet ide pas lagi ngangkot atau nemenin ibu ke refleksiologi atau nungguin adik selesai les gitar? Tinggal buka Evernote di handphone/tablet kamu, dan catet deh ide kamu di situ. Lah bedanya apa Git sama aplikasi memo lain di handphone? Bedanya adalah semua catatan yang kamu save di Evernote akan dikirim ke semua device kamu.

Artinya: ketika kamu install Evernote kamu di HP, tablet, dan PC, semua notes kamu bakal di-synchronize secara otomatis. Begitu nyampe rumah, tinggal nyalain laptop, buka Evernote, dan kembangkan ide yang kamu tadi catet di HP. Nice! Dapet ide pas lagi ga bawa gadget sama sekali? Tenang, tenang. Kamu bisa pinjem fasilitas umum (kayak PC di IT Lab kampus kamu) dan access semua catatan kamu dari browser.

Evernote Referral
Keren kan? Keren? Untuk mendapatkannya, klik di sini.*

Dropbox

Dropbox
Sama kayak Evernote, Dropbox juga merupakan aplikasi yang bisa diinstall di beberapa device secara bersamaan dan memiliki fitur synchronization otomatis ketika ada koneksi Internet. Bedanya adalah: kalo Evernote nge-handle catatan, Dropbox nge-handle files.

Ketika kamu install Dropbox di PC, akan dibuat folder Dropbox. Semua file yang kamu simpen di folder Dropbox akan secara otomatis diupload ke akun Dropbox kamu, dan bisa diunduh kapan aja lewat device kamu yang lain atau juga lewat browser. Kalo kamu bikin perubahan di files yang ada di folder Dropbox juga update-nya akan langsung di-sync kok, tenang aja. Buat aman sih semua file yang berhubungan dengan skripsi mendingan disimpen di folder Dropbox.

Dropbox Referral
Silakan klik di sini untuk mendapatkan Dropbox.*


Pocket

Pocket
Beda dengan Evernote dan Dropbox yang merupakan software, Pocket ini adalah add-on untuk browser kamu. Dengan Pocket, kamu bisa save halaman-halaman web yang berguna buat research kamu untuk dilihat lagi nantinya. Semacem tombol bookmark, tapi bedanya semua halaman yang kamu save bisa kamu akses dari device kamu yang lain oleh, lagi-lagi, fitur sinkronisasi otomatis. Ga ada lagi deh Google ulang keywords yang sama untuk nantinya nyari-nyari artikel yang waktu itu dilihat, berguna, tapi lupa di-save.

Eh tapi Git, gimana kalo kita mau save artikel yang lagi kita liat di PC orang lain/umum? Ah, jangan khawatir. Kamu bisa access list kamu di website Pocket dan tinggal klik tombol "+" di sana untuk paste url artikel berguna tersebut. Awesome, right? Klik di sini untuk mendapatkannya.


Gimana? Berguna banget kan apps itu sebagai asisten kamu dalam Tugas Akhir, atau proyek-proyek kamu yang lain? Yep. Kalo kamu tau apps/software sejenis, tolong kasih tau dong hehehe. Good luck ngerjain Tugas Akhir, ya!


* Link ini adalah link referral. Ketika kamu install Evernote/Dropbox lewat link ini, kamu otomatis bantu saya untuk dapet perks (points di Evernote dan free space di Dropbox) hehehe. Makasih, ya! ;)

RELATED POSTS

0 orang nyasar

Yah mumpung nyasar, mengeksiskan diri dulu aja deh di sini. :) Nyasar lagi yaa~