Harmony Clean Flat Responsive WordPress Blog Theme

Musik Remaja

2/23/2013 02:29:00 PM gitadine 1 Comments Category : , , , ,

Kemaren pas lagi di mobil temen, saya kaget dengerin ada lirik lagu yang aneh banget di radio. Liriknya kira-kira begini, "I crashed my car into the bridge// I don't care/ I love it/ I don't care!" Eeeh! Bisa ya ada orang yang nggak peduli sama mobilnya yang mungkin udah hancur beyond repair.


Jadi inget lagu Ke$ha yang Die Young. Di lagu itu, ada lirik yang bunyinya semacem, "Looking for some trouble tonight/ Take my hand, I'll show you the wild side/ Like it's the last night of our lives/ We'll keep dancing 'till we die." Ngapain ada orang repot-repot nyari masalah?

Lagu itu ngingetin saya ke lagu bekas penyanyi Amerika favorit saya, Britney Spears. "See the sunlight/ We ain't stopping/ Keep on dancing 'till the world ends." Ah... Iya sih saya ngerti nari itu kegiatan yang sangat menyenangkan, saya juga suka nari. Tapi nari sampe mati? Nggak ada hal menyenangkan lain yang bisa dilakukan ya emangnya, semisal nonton anime, gitu? Apa cuma saya aja? Haha.

Dan yang paling parah, lagunya The Lonely Island yang dari judulnya aja udah ppffffttttt. "I Just Had Sex". Well, good for you! Tapi ga usah disebarin ke seluruh dunia juga dong, kan jadi semacem prude yang pengen nyombongin diri. #eh #salahfokus

Why... WHY! WHYYYY
Anyway, dengan lagu-lagu semacem ini yang beredar, gimana ya nasib kematangan pikiran remaja dunia? Jangan-jangan mereka bakal beneran mikir bahwa consumerism, appearance, sex, drugs, clubbing, dan semacemnya itu hal-hal yang "cool" dan paling penting di dunia mereka. Which is super dangerous, karena saya khawatir mereka nggak akan peduli lagi sama kata "responsibility". I mean kalo kata artikel di VIVA ini sih 20,6% remaja Jakarta pernah hamil di luar nikah, lho! DUAPULUH PERSEN! *pingsan* Belum lagi kasus-kasus anoreksia dan bulimia yang menimpa remaja kita. Belum lagi kasus remaja-remaja kita yang terjerat narkoba.

Sebenernya pesan-pesan ngaco ini bukan cuma dari musik, sih. Acara TV juga berpengaruh banyak dalam pembentukan konsep hal yang penting dan nggak penting di pikiran remaja dunia. Sekarang pada nontonnya apa sih? Jersey Shore sama Jackass itu dua judul yang sering saya denger, tapi saya belum pernah nonton dan nggak ada niat nonton. Iya, iya, anime juga banyak yang ngirim pesan nggak bener (incest, anyone?). Bahkan sekarang ketauan bahwa chick lit (iya, novel-novel yang saya suka baca) ternyata punya pengaruh negatif terhadap pemikiran pembacanya tentang body image.

Yang saya harap sih, remaja dunia bisa pinter mencerna mana pesan yang patut diserap dan mana yang patut ditaro di kotak, dikunci, disemen, lalu dilempar ke dasar laut terdalam (lho malah jadi nyampah ya Git haha). Peran orangtua dalam ngebantuin anaknya menyortir pesan-pesan ini menurut saya justru yang paling penting.  Bukan sekolah, bukan pemerintah, bukan media, tapi orangtua. Semoga remaja dunia bisa sembuh dari penyakit Swag yang lagi meradang, ya.

RELATED POSTS

1 orang nyasar

  1. sepakat. semoga lagu-lagu di atas cuma jadi materi hiburan, bukan bahan inspirasi. amin.

    ReplyDelete

Bagaimana menurutmu?