Harmony Clean Flat Responsive WordPress Blog Theme

Kembalilah, Laptop Gueeee! (Nangis)

2/16/2011 03:08:00 PM Gita Diani Astari 4 Comments Category : , , , , , , , , ,

Seperti yang dne bilang di blog dne yang satu lagi di sini, dne lagi menderita hampir mati (lebay) karena laptop dne yang HP COMPAQ PRESARIO CQ40 lagi koma. Serius koma.


Terakhir kali dne nyalain tuh masih sehat-sehat aja, tanggal 13 Februari 2011 sekitar jam 3 pagi apa. Waktu itu cuma dipake sebentar doang, buat nge-print itinerary AirAsia. Nggak ada tanda-tanda laptop dne lagi sakit atau apa sama sekali, swear! Abis itu dne masukin ransel, dan hidup dia selama perjalanan Bandung-Kuala Lumpur memang rada tough sih rada kegoncang-goncang gitu. Begitu dne sampe hostel, dne diemin itu laptop karena dne mau tidur dulu hahaha. Bangun tidur, dne dengan santai ngeluarin itu laptop dari backpack, taro di meja, pasang adaptor, dan neken tombol power.

Kedengeran suara fan sebentar, sekitar satu atau dua detik, kemudian nguuung. Suara fan mati, tombol power nyala, tapi kemudian lampu di sebelah tombol Caps Lock sama di atas scroll ngedip-ngedip genit. And that was all I got. Screen laptop dne tetep item.

Dne emo.

Langsung dne dengan superpanik buka Opera Mini di handphone dan nyari solusi. Dne cobain semuanya, dari lepas batre sampe neken tombol power 30 detik sebelum coba nyalain. Nggak ada yang berhasil, laptop dne masih koma. Oh tidaaak!

Sampe sekarang dong ini laptop dne masih rusak begini. Parah bangetlah dne nggak bercengkerama dengan Windows Media Player (yeaaah dne kan setia orangnya hahaha) atau Advanced Diary atau The SIMS 3 atau Pidgin atau Mozilla Firefox selama lebih dari 24 jam. Patah hatiii.

Tolong dong bagi siapa saja yang tau solusi masalah dne ini, kasih tau dne please! Dne nggak tahan hidup tanpa belaian kasih sayang Akang Laptop (lah...). Serius, mana ada artinya hidup seorang mahasiswi tanpa laptopnya? Mana banyak assignment yang mesti diselesein lagi aaa!

RELATED POSTS

4 orang nyasar

  1. hmm blogwalking..mampir ke blog gw ya
    oh iya klo fan nya ga nyala kemungkinan overheat.. mending service ganti kipas nya..

    ReplyDelete
  2. Kemarin saya baru saja nggarap Compaq CQ40-717TU yang MATI dengan lampu led power dan wifi nyala. Sebelumnya saya juga sudah pernah nggarap Compaq CQ40-653TU yang MATI juga dengan kerusakan yang sama. Saya sudah mencoba dan berhasil semua……

    Matinya laptop CQ40 ini disebabkan oleh downgrade BIOS yang mengalami kegagalan sehingga terjadi kerusakan di BIOS laptopnya. Dan akibatnya Laptop Mati tidak keluar tampilan dengan led power dan wifi tetep menyala. Jangan Panik dulu,…. Jika anda mengalami hal ini, tapi bagaimanapun saya dulu juga panik ……. Waduh… gimana ya…..?

    OK, langsung saja ke pokok permasalahan,

    Cara Recovery BIOS ke HP Pavilion DV4, CQ40 dan C700 :

    1. Download BIOS di situs resminya. PENTING : BIOS harus sama persis, misalnya CQ40-717TU, berarti anda harus download BIOS CQ40-717TU. Dan CQ40-717TU tidak sama dengan CQ40-717TX. Kalo untuk laptop CQ40 anda dapat mendownloadnya di SINI,

    Biasanya judul filenya "WinFlash for HP Notebook System BIOS - Microsoft Windows-Based"

    2. Siapkan Flasdisk kosong, kalo kemarin saya menggunakan flashdisk 2Gb Kingston. Ingat kosngkan dulu flashdisk anda agar prosesnya nanti berjalan lancar.

    3. Extract file BIOS hasil download yang berupa .exe dengan menggunakan program WinRar atau 7ZIP.

    4. Cari file yang berekstensi .FD misalnya 30F7F04.FD, pilih salah satu (biasanya ada 4 file dengan ekstensi .FD), misalnya saya memilih 30F7F04.FD. Kemudian sisakan 4 huruf pertama yaitu 30F7 kemudian tambahi dengan ekstensi . BIN sehingga menjadi 30F7.BIN.

    5. Jadi file 30F7F04.FD menjadi 30F7.BIN, kemudian simpan file 30F7.BIN itu ke flashdisk.

    6. Lepaskan CHARGER dan BATERAI dari laptop. Ingat baterai harus di lepas.

    7. Colokkan flashdisk yg ada file xxxx.BIN

    8. Tekan dan tahan tombol keyboard Windows dan B

    9. Pasang Charger, tombol Windows dan B jangan di lepas dulu.

    10. Nyalakan laptop dengan menekan tombol power Laptop

    11. Tahan tombol windows dan B sampai terdengar bunyi “ beep ”, kemudian lepaskan kedua tombol itu. Laptop secara otomatis mencari BIOS asli ini ditandai dengan led flashdisk yg kedip2x.

    12. Bunyi beep akan terdengar berulang tiap 2 detik, biarkan saja, laptop akan mati sendiri secara otomatis setelah selesai merestore / merecovery BIOS.

    13. Selesai. Untuk mencobanya nyalakan laptop seperti biasanya dengan hanya menekan tombol powernya.

    14. jika anda mengalami kegagalan, coba lagi dan coba dengan flashdisk yang lain, ingat…… flashdisk harus kosong untuk memudahkan laptop mencari file BIOS yang akan di restore atau direcovery.

    Selamat mencoba ….. semoga berhasil……


    sumber : http://ekohasan.blogspot.com/2010/02/cara-recovery-bios-ke-hp-pavilion-dv4.html

    ReplyDelete
  3. kasus qt sama ni
    lcd blank, plus lampu capslock kedip2..

    coba lepasin ram nya, stlah itu colok kmbali
    tp jngan lansung dihidupkan laptopnya.
    pasang charger dulu, baru di hidupkan laptopnya..

    cara ni berhasil buat sya, good luck ya

    ReplyDelete

Yah mumpung nyasar, mengeksiskan diri dulu aja deh di sini. :) Nyasar lagi yaa~