Harmony Clean Flat Responsive WordPress Blog Theme

Berkembang (gila lame banget judulnya)

2/10/2011 05:51:00 PM Gita D. Astari 0 Comments Category : ,

Dulu waktu dne SD, dne kagum banget liat anak SMP. Begitu masuk SMP ternyata biasa aja, pengen cepet-cepet SMA. Eh pas SMA juga nggak berubah-berubah amat, kayaknya pas kuliah lebih asyik deh.

Eh pas kuliah baru nyadar, kenapa dne hari ini sama dne enam tahun lalu kayaknya nggak beda-beda banget perilakunya!?

Nggak bisa dibilang nggak berubah sama sekali juga sih, karena dne tau adalah satu atau dua hal bodoh yang dulu sering dne lakukan out of habit atau unconsciously tapi sekarang udah nggak. Ada beberapa perkembangan secara mentally (dan lebih sedikit secara physically, sialnya). Bunda juga bilang sejak masuk kuliah ada beberapa perubahan signifikan dari diri dne yang Bunda suka, seperti misalnya dne jadi lebih care (kata Bunda lho). Dne juga seneng dengan perkembangan dne, artinya dne berfungsi dengan normal dan nggak stuck di satu titik yang bakal bikin dne nggak disukain orang banyak.

Tapi sebenernya, masih ada hal-hal yang nggak berubah juga dari dne, seperti sikap childish dne yang ternyata sampe sekarang masih bikin Bunda marah. Kemaren banget dne masih selfish dan pemales banget sampe karena suatu hal dne sama Bunda jadi nggak ngomong seharian.

That hurt me so much.

Dne jadi sadar bahwa perubahan mental dne menuju ke titik yang lebih baik itu bukan hanya demi dne, tapi juga untuk orang-orang di sekitar dne yang dne sayangin. Kayak kalo lagi main Persona 4 di PS2, kan si main character-nya selalu diminta untuk nambahin knowledge, courage, understanding, diligence dan expression. Itu tuh penting banget ternyata dalam hidup kita.

Semakin waktu berlalu, manusia itu berkembang, mentally dan physically. Expectation orang terhadap kita itu berubah setiap tahun. Kalau dulu-dulu banget dne ditawarin ngiket sepatu sama Bibi, dne bisa diteke Bunda kalo sekarang dne masih nggak bisa ngiket sepatu sendiri. Kenapa? Karena dne udah berkembang. Dne udah 19 tahun, dan ada banyak hal yang harusnya udah bisa dne lakuin setelah sekian lama. Ada banyak hal yang harusnya udah dne mengerti.

Karena dne (akhirnya) ngerti semua ini, dne pengen banget banget banget berubah karena dne rasa dne bisa jadi orang yang lebih baik dari dne hari ini. Bener-bener butuh waktu dan usaha, tapi kalo nggak maksimal, nggak akan puas. Bukannya manusia bakal puas hanya sampe one certain point, tapi setidaknya, kalau kita bisa bikin orangtua tersenyum bangga akan apa yang kita buat, that's enough.

At least for me.

RELATED POSTS

0 orang nyasar

Bagaimana menurutmu?