Harmony Clean Flat Responsive WordPress Blog Theme

Google Drive: Simpan Data Penting Anda di Internet, Gratis, Selamanya

5/17/2016 03:35:00 PM Gita Diani Astari 0 Comments Category : , , , , , , , , , , , ,

Jangan lagi kehilangan data penting yang berada di perangkat elektronik Anda karena tidak memiliki back-up. Dengan Google Drive, Anda dapat menyimpan dokumen, foto, lagu, dan file lainnya di Internet--gratis!

Google Drive

Drive adalah salah satu layanan cuma-cuma yang dapat otomatis Anda akses ketika Anda telah memiliki akun Google. Untuk membuat akun Google, pergilah ke laman google.com, klik sign up, dan ikuti instruksi sederhana hingga selesai. Setelah Anda memiliki akun Google, begini cara menggunakan Drive.

Pertama, sign in ke akun Google Anda. Di sebelah kanan atas, klik ikon  bergambar sembilan kotak 3x3 di samping bel notifikasi, dan klik ikon Drive. Hal ini akan membawa Anda ke menu utama Drive.

Laman utama Drive
Sama halnya dengan di PC, Anda dapat membuat folder khusus agar data-data Anda dapat disimpan dengan rapi. Caranya: klik tombol "new" merah yang terletak di kiri, kemudian klik menu "folder" yang berada tepat di bawah tombol "new", kemudian masukkan nama folder yang Anda inginkan, lalu klik "Create". Tunggu beberapa saat hingga folder Anda muncul di atas file PDF "How to get started..." yang sudah ada sejak awal. Double-click folder Anda untuk masuk ke dalamnya.

Tampilan dalam folder yang kosong
Untuk mengunggah file Anda, klik tombol "new", kemudian klik "file upload". Anda bisa juga mengunggah satu folder penuh dengan opsi "folder upload" yang berada tepat di bawah tombol "file upload" untuk memudahkan Anda. Setelah memilih file/folder yang akan Anda unggah, klik OK/open, tunggu sesaat, dan kemudian file Anda telah disimpan di Drive.

Folder berisi data yang telah berhasil diunggah
Untuk mengakses file Anda, Anda hanya harus sign in ke Google, masuk ke Drive, buka folder Anda dan klik kanan file Anda. Anda bisa memilih untuk mengunduh (download) file tersebut, membaginya lewat URL, dll. Mudah, bukan? Anda memiliki kuota sebesar 15GB yang bisa Anda pergunakan secara gratis sejak awal.

Aplikasi Drive memudahkan proses upload dan update
Tips: Anda juga dapat memasang (install) software/aplikasi Drive di PC dan gagdet Anda untuk memudahkan akses. Dengan memasang software Drive di PC, file yang Anda simpan dalam folder Drive akan otomatis diunggah dan diperbarui selama Anda memiliki koneksi Internet. Untuk memasangnya, Anda dapat menekan tombol "Get Drive for PC" yang berada di kiri bawah laman Drive, kemudian mengikuti instruksi sederhana hingga selesai.

Sebenarnya masih banyak cloud service lain yang dapat Anda pergunakan seperti Dropbox, OneDrive, dan Box. Hanya saja karena mereka semua berfungsi sama persis dengan Google Drive dengan kuota gratis yang di bawah Drive, saya lebih menyukai Google Drive, hehehe. :)

Semoga artikel ini bermanfaat, dan file penting Anda seperi naskah novel/skripsi/tesis, bahan-bahan film pendek, dan sampel musik untuk album Anda tidak harus hilang ditelan komputer yang rusak atau dicuri maling ya!

RELATED POSTS

0 orang nyasar

Yah mumpung nyasar, mengeksiskan diri dulu aja deh di sini. :) Nyasar lagi yaa~